Selasa, 24 April 2012

where are you?

Dimana  kamu  berada  sahabatku

          Kita  diciptakan  untuk  berpasang-pasangan,  seperti  halnya  aku  dengan  kamu.  Kita  bertemu  dan  menjalin  pertemanan.  Awal  perkenalan  kita  sudah  sama-sama  merasa  dekat  hingga  akhirnya  kita  dipisahkan  oleh  jarak.  Setiap  pertemuan  pasti  ada  perpisahan,  tapi  kenapa  secepat  ini  kita  terpisah?
          Kita  bersama  sejak  kecil,  saat  itu  adalah  saat-saat  paling  menyenangkan.  Dimana  kita  bisa  merengek  saat  menginginkan  sesuatu  dan  pasti  kita  akan  mendapatkan  itu.  Kamu  ingin  mainan  itu,  aku  pun  ingin  memilikinya.  Tak  pernah  ada  yang  memisahkan  kita  sampai  kita  sekolah  di  TK  sama.  Kemana  pun  aku  selalu  bersama  mu,  aku  tak  suka  jika  ada  perempuan  lain  yang  mendekati  mu.  Sampai  aku  nekat  jambak-jambakan  dengan  perempuan  itu  karena  memperebutkan  kamu.
          Setelah  TK  ternyata  kita  satu  SD  lagi,  bahkan  kita  selalu  satu  kelas.  Aku  pun  tak  menyangka  perempuan  yang  ingin  merebut  mu  dari  ku  itu  juga  ternyata  sekelas  dengan  kita.  Tapi  dia  tak  pernah  bisa  menjauhkan  aku  dengan  mu.  Dia  selalu  gagal  jika  berniat  untuk  membuat  kita  bertengkar.
          Kelas  satu,  dua  dan  tiga  kita  lewati  bersama.  Hingga  saatnya  kita  duduk  dibangku  kelas  empat.  Umur  kita  pun  sudah  memasuki  sepuluh  tahun,  dimana  kita  sudah  tidak  bisa  merengek  lagi  untuk  meminta  sesuatu.  Kita  pun  sudah  belajar  bagaimana  cara  memilih  teman  yang  baik  dan  tidak.  Sejak  kelas  empat  banyak  murid  baru  yang  masuk  kekelas  kita  dan  salah  satu  dari  mereka  adalah  tetangga  kita.
          Kita  selalu  berempat,  dari  kelompok  tugas  sampai  rumah  pun  berdekatan.  Kita  suka  menggunakan  waktu  luang  untuk  mengerjakan  pr  bersama  dirumah  salah  satu  dari  kami.  Suatu  hari  kita  belajar  senam  untuk  pengambilan  nilai  olah  raga,  kebetulan  ibu  ku  adalah  seorang  guru  olah  raga,  jadi  kita  belajar  senam  dirumah  ku.  Kita  senam  sambil  bercanda-canda,  tertawa  dan  mengobrol.  Tapi  kita  bisa  menghapal  gerakan  senam  itu  dalam  sehari.
          Waktu  pengambilan  nilai  senam  untuk  kenaikan  kelas  dilapangan  sekolah.  Kita  masih  belajar  gerakan-gerakan  yang  akan  kita  tampilkan  nanti.  Saatnya  kelompok  kami  pengambilan  nilai,  kami  langsung  maju  dengan  hati  yang  gugup.  Musikpun  disetel,  kami  langsung  bergerak  mengikuti  iringan  musik  tersebut.  Kita  bergerak  sangat  bersemangat,  anak  SD  memang  tak  kenal  lelah.  Sampai  selesai  senam  kita  langsung  beristirahat  kekantin.
          Hari  demi  haripun  berlalu.  Tak  sadar  ternyata  seminggu  lagi  pengambilan  rapot  dan  kenaikan  kelas.  Aku  sedang  berjalan  melewati  depan  rumah  mu,  aku  merasa  ada  yang  berbeda.  Rumah  mu  terlihat  sangat  sepi  dan  rapi,  tak  seperti  biasanya.  Aku  langsung  bergegas  pulang  dan  menanyakan  hal  itu  kepada  orang  tua  ku.  “bu  kok  rumahnya  Rilo  sepi?”  tanya  ku  kepada  ibu  ku.  “kan  besok  Rilo  mau  pindah.  Emang  kamu  gak  dikasih  tau  sama  Rilo?”  jawab  ibu  ku.  “enggak.  Rilo  gak  bilang  apa-apa  sama  aku”  jawab  ku  polos.  Aku  langsung  lari  kekamar  ku  dan  menangis.  Aku  tak  rela  akan  ditinggalkan  sahabat  ku,  aku  takut  jika  aku  tidak  akan  bertemu  dengannya  lagi.
          Air  mata  ku  tak  kunjung  usai.  Sampai  malam  aku  masih  memikirkan  dia.  Esok  paginya  aku  sekolah,  dan  aku  tak  melihat  dia  dikelas.  Sampai  dirumah  aku  langsung  bertanya  lagi  pada  ibu  ku  “bu  masa  tadi  Rilo  gak  masuk”. “iyalah  kan  dia  pindahannya  hari  ini.  Mbah  aja  belum  pulang  nganterin  dia  pindahan”  jawab  ibu  ku.  Aku  langsung  diam  dan  menangis.  Aku  langsung  berjalan  menuju  rumahnya  untuk  memastikan  perkataan  ibu  ku.  Ternyata  benar,  rumahnya  sudah  kosong.  Aku  langsung  pulang  kerumah  dengan  hati  yang  sangat  sedih.
          Aku  masih  tak  percaya  jika  dia  meninggalkan  ku.  Tahun  demi  tahun  berlalu  sampai  saat  kelulusan  kelas 6  SD.  Sampai  detik  itu  aku  tak  pernah  melihatnya  lagi.  Setiap  tanggal  ulang  tahunnya  aku  berharap  akan  bertemu  dia  lagi.  Saat  lebaranpun  dia  tak  pernah  ikut  mengunjungi  rumah  ku  bersama  ayah  dan  ibunya,  padahal  aku  sangat  berharap  dia  ikut  silaturahmi  kerumah  ku.
          Saat  aku  kelas  delapan,  adik  ku  khitanan.  Keluarga  ku  mengundang  keluarganya  untuk  datang  menghadiri  khitanan  adikku.  Hari  itu  adalah  hari  yang  paling  aku  tunggu-tunggu,  aku  sangat  berharap  akan  bertemu  dengannya  pada  hari  itu.  Sayang,  Allah  belum  memberikan  waktu  untuk  kita  bertemu.  Hanya  orang  tuanya  yang  datang  kekhitanan  adik ku.  Saat  orang  tuanya  datang  aku  mengobrol  dengan  mereka.  aku  bertanya-tanya  tentang  keadaan  dia  disana.  Ibunya  sangat  berantusias  menceritakan  tentang  kehidupan  dia  disana.
          Sampai  saat  ini  aku  sudah  duduk  dibangku  SMA.  Aku  belum  pernah  melihat  dia  lagi  sekalipun.  Rindu  ini  sudah  hampir  membusuk  dari  enam  tahun  yang  lalu.  Aku  selalu  berdo’a  kepada  Allah  untuk  mempertemukan  kami  kembali.  Entah  kapan  kita  akan  bertemu  lagi,  tapi  aku  sangat  yakin  suatu  saat  nanti  kita  pasti  akan  bertemu.
          Sahabat,  aku  sangat  merindukan  mu.  Aku  tak  tahu  kau  berada  dimana  saat  ini.  Aku  tak  tahu  apa  yang  kau  lakukan  saat  ini.  Pasti  kau  sudah  dewasa  sekarang,  sudah  tidak  merengek  lagi  seperti  dahulu.  Aku  merindukan  senyum  mu,  aku  ingin  melihat  tawa  mu.  Sampai  detik  ini  aku  masih  menunggu  kehadiran  mu.  Semoga  Allah  mempertemukan  kita  kembali,  semoga  sang  bintang  terus  menemani  sang  bulan  sama  seperti  aku  yang  selalu  menemani  mu  meski  dari  jarak  yang  sangat  jauh.  Aku  menyayangi  mu,  sahabat  ku :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar